RAGAM GAUN ERA VICTORIA YANG MENEWASKAN RIBUAN WANITA

RAGAM GAUN ERA VICTORIA

Di inggris pada aban ke 19 an memiliki ragam gaya busana yang sangat unik dan terlihat begitu mewah yang mana gaun nya itu di buat seramping mungin dan bawahan megar. Nah gaun yang di maksud biasa nya di pakai oleh wanita inggris pada saat jamuan makan malam atau juga pada saat sedang berpesta dansa, dan oarang yag menggunakan gaun tadi adalah kaum – kaum elit yang ada. Gaun era victoria merupakan gaun yang sangat cantik memiliki dalaman yang berlapis – lapis di tabah dengan krinolin yang bila di lihat seperti tempat mengurung ayam. Meangapa demikian ? Pasti nya ada tujuan yaitu supaya para wanita yang mengenakan gaun ini akan terlihat cantik ramping dan elegan. Model yang di gunakan begitu berkelas dan memiliki bahan yang sangat beragam seperti di bordir, hiasan ppita – pita dan renda – renda. Saat wanita inggris memakai gaun ini akan terlihat ramping karena desain bagian atas gaun sampai dengan pinggang di buat seperti jam pasir. Tetapi di samping itu ada hal yang lumayan horror loh fellas, dimana gaun ini memiliki sebutan dressed to kill, kenapadi sebut seperti itu ? Ya karna sebenarnnya orang yang memakai gaun ini sangat lah tersiksa, makannya di sebut dengan dressed to kill dimana pemakai nya bisa terbunuh secara perlahan. Yang tercatat pada sejarah sudah banyak wanita bahkan hingga ribuan orang yang meninggal akibat dari pemakaian gaun tersebut.

1. Pengabaian rasa nyaman

Busana yang trend di dalam era victoria mengatakan banyak wanita yang masih mengabaikan rasa nyaman dari apa yang mereka pakai. Maka dari itu bisa di katakan bahwa menggunakan krinoline cuma pencitraan saja dari wanita , demi mendapatkan apa yang mereka ingin kan seperti agar bisa memikat orang hingga tertuju pada si wanita tersebut. Nah pada jaman victoria banyak wanita yang terkena krinolinemania, yang mana bisa di sebut dengan wabah atau penyakit yang mematikan yaitu seseorang yang sangat tergila – gila dengan krinoline. Gaun yang mereka pakai merupakan gaun panjang dengan kondisi yang sangat kaku, di buat dari bulu kuda dan kapas, model daleman tersebut di temukan di th 1840. Nah menutur dari para sejarawan fashion, ada sebuah nama farthingale yang di buat oleh spanyol di abad 16, yang mana fathingale merupakan pendahulu dari krinoline. Rok yang lebar dan memiliki volum ini sangat di sukai oleh para wanita di spanyol, bahkan ratu kastile Joana sangat bangga saat ia memperkenalkan busana tersebut di istana. Krinoline di kenal oleh inggris saat istri pertama dari king henru ke 8 memakai farthingale yang di buat dari rotan. Di tahun pertama pada 1800 an, rok itu di kembangkan lebih besar dengan berbentuk bulat, nah para wanita yang menyukai nya melebarkan rok bagian bawah dengan menambah lapisan – lapisan yang ada. Tahu kah kamu gaun ini sangat membuat gerakan wanita menjadi terbatas, dan membuat tidak nyaman kaun wanita. Jadi, pada saat krinoline telah di temukan, wanita – wanita era victoria pun menjadi lega dan tenang. Mengapa demikian ? Karena krinolin tidak seberat farthingale, dan krinolin sendiri bisa menyesuaikan bentuk badan.

2. Terdapat demam Crinoline yang melanda kaun wanita

Majalah punch merilis nama krinoline untuk pertama kali di tahun 1800 an. Nah salah satu model yang sangat terkenal yakni cage krinoline yang mana di patenkan pertama kali di tahun 1856 di paris oleh Milliet. Seorang agen nya lantas membawa gaun itu ke inggris dan lalu gaun itu jadi tren hanya dengan waktu 1 malam saja. Krinoline di buat dari baja yang kuat dengan sebuah kelenturan yang memberi keluasan gerak untuk si pemakai nya, nah sehingga di pemakai gaun ini bisa duduk. Akhir nya krinoline di produksi secara besar – besaran, gaun ini bisa di gunakan oleh wanita mana pun dan tidak memandang kasta, nah untuk melakukan kegiatan sehari – hari, wanita – wanita tersebut memakai krinoline dengan ukuran yang kecil, nah untuk krinolin yang besar biasa nya di gunakan pada saat acara tertentu saja.

3. Gaun anggun yang sangat mematikan

Krinolin merupakan suatu hal yang bagus , namun di balik kelebihan dari krinoline, ternyata terdapat kekurangan yang ada. Dan untuk kamu ketahui, kekurangan krinolin ini sangat lah besar. Yang kesatu adalah gaun ini tak bisa di gunakan di saat musim panas, banyak yang menyebutkan bila menggunakan gaun ini di tengah terik nya sinar matahari, wanita itu disebut seperti sedang bunuh diri, yang kedua gaun ini termasuk berbahaya bila sang wanita diam dekat lilin, maka gaun ini akan terbakar dan bisa membuat luka yang begitu parah, dan juga krinolis tersangkut di dalam roda kereta kuda.