Jenis Pekerjaan Di Dunia Fashion Serta Fungsinya

Jenis Pekerjaan Di Dunia Fashion

Jenis Pekerjaan Di Dunia Fashion – Mungkin kalian tidak tahu kalau dalam dunia fashion memiliki perannya masing-masing dari pekerjaan ini.

Setiap fungsi dari pekerjaan menyangkut Dunia Fashion mempunyai perannya masing-masing yang sangat penting lho. Yuk kita simak apa saja.

Baca Juga: Desainer Terbaik Indonesia Yang Sudah Di Akui Dunia

Jenis Pekerjaan Di Dunia Fashion


1. Trend Analyst
Trend Analyst merupakan sebuah perkerjaan dalam bidang fashion yang diperlukan, karena pekerjaan dibidang ini memerlukan analisa trend dari fashion yang sedang booming.

Trend Analyst bertugas memberitahu desainer dan produsen tentang trend fashion. Hal itu didapat dari hasil analisis trend sebelumnya, yang muncul dalam film-film Pop Culture.

Trend Analyst juga dituntut harus selalu update tentang gaya fashion yang trend saat ini dan mencampurkan formula desainnya dengan trend yang sedang populer saat ini.

2. Fashion Forecaster
Para pekerja Fashion Forecaster hampir mirip dengan Trend Analyst yang membedakannya hanya para pekerja Fashion Forecaster harus memprediksikan warna dan desain yang cocok dari data Trend Analyst yang membantu membuat desain terbaru.

Para Fashion Forecaster juga dituntut mengetahui kapan sebuah trend fashion akan berakhir, seperti contoh fashion yang sudah lewat, misalkan fashion tahun 1970-an, 1980-an, 1990-an, dan sebagainya.

Trend Fashion sendiri selalu berubah setiap tahunnya, bahkan Trend Fashion sendiri ada yang bertahan dalam waktu satu bulanan saja.

3. Produk Researcher

Produk Resarcher bertugas dalam mensurver dan mencoba mengaplikasikan desain dari para Trend Analyst dan juga Trend Forecaster.

Produk Researcher sendiri berfungi untuk menyetujui desain baru tersebut sebelum akhirnya diproduksi dan siap di jual ke konsumen. Produk Researcher juga melakukan harus menilai dari harga serta desain dan untuk konsumen manakah desain tersebut dibuat.

4. Lead Patternmaker

Lead Patternmaker berfungi mengaplikasikan desain dari Fashion Analys dan Fashion Forecaster kedalam Semua desain dari baju, celana, sepatu, dan tas. Nah Lead Patternmaker juga harus membuat pola yang sesuai untuk desain yang diberikan Fashion Analys dan Fashion Forecaster.

Lead Patternmaker sendiri juga harus menentukan bentuk dan ukuran yang sudah ditentukan designer dan dibuatkan polanya untuk selanjutnya diproduksi adalah salah satu pekerjaannya.

5. Color And Material Specialist

Setelah Desain sudah selesai, ialah tugas Color And Material Specialist dalam membuat warna dari semua desain dari baju, celana, sepatu, dan tas. Pekerjaan Color and Material Specialist sangat penting dalam pewarnaan dan penambahan assesoris yang dapat membuat desain semakin indah.

Agar tidak salah dalam pewarnaan dan membuat desain menjadi norak, Color And Material Specialist harus berkomunikasi dengan desainer warna apa yang cocok serta assesoris yang cocok digunakan dalam desain baju tersebut.

6. Product Merchandiser

Setelah semua desain yang dibuat, maka berikutnya adalah pekerjaan Product Merchandiser yang bertugas dalam mempromosikan produk desain dari Tas, Baju, Sepatu, Celana, dan lainnya.

Product Merchandiser sendiri bekerja mempromosikan produknya dari postingan sosial media, sampai mengatur display patung-patung yang berada di toko-toko baju atau butik.

Product Merchandiser juga wajib mengetahui harga desain entah itu baju, tas, sepatu, maupun celana dan target konsumen yang cocok dari produk yang dipasarkan tersebut.

Baca Selengkapnya: Tips Fashion Wanita Bertubuh Mungil.

Penutup

Nah Sekian dari Fashionweeks kali ini, jika kamu ingin mengetahui kabar terupdate dari Dunia Fashion, kamu bisa subscribe ke situs kami.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*