Inilah 4 Ilmu Desain Untuk Menjadi Seorang Desainer

desainer baju

Beberapa tahun akhir ini pekerjaan seperti desainer seringkali menjadi sorotan para pencari kerja di Indonesia yang memiliki daya kreativitas dan pandangan baru yang cemerlang di bidang desain interior, grafis, busana dan lain sebagainya.

Tetapi, apa sih sebenarnya pengertian dari pekerjaan desainer itu?
Nahh Berikut ini penjelasannya.

Desainer atau perancang yang diambil dari Bahasa inggris Designer yakni seseorang yang merancang atau mewujudkan sesuatu berdasarkan imajinasi dan kreativitas yang ia miliki.

Adapun definisi terluas dari seorang Desainer yakni mereka yang mewujudkan dan merencanakan serangkaian pekerjaan yang memiliki tujuan untuk mewujudkan sesuatu agar menjadi lebih baik.

Desainer juga memiliki beberapa tugas sekaligus dalam pekerjaannya, tugas pertama ialah sebagai seni rupawan yang merupakan bagian dari pekerja seni yang bersangkutan dengan nilai-nilai estetika (keindahan) seperti dalam penentuan bentuk, warna dan berbagai macam hal lainnya yang bila dikombinasikan menjadi suatu hal yang sedap dipandang mata.

Adapun tugas yang lain dari seorang desainer adalah menjadi komunikator untuk memvisualisasikan pesan-pesan verbal agar dapat dengan mudah dimengerti dan dengan cara yang indah dan menyenangkan.

Selain itu, ilmu desain dibagi menjadi 4 yakni Desain Busana, Interior, Komunikasi Visual dan juga Arsitektur.

Desain Busana

Yakni bidang yang ditekuni seorang desainer atau perancang dalam ruang lingkup busana saja. Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh seorang desainer busana seperti mewujudkan dan juga merancang sebuah baju dan atribut lainnya supaya bisa dipakai dengan nyaman dan cantik untuk dilihat.

Merancang ukuran, bentuk, warna, tekstur dan sebagainya merupakan sebuah komponen-komponen dari baju yang bisa dirancang sedemikian rupa oleh seorang Desainer busana.

Desain Interior

Adapun desain interior yakni sebuah pekerjaan untuk merancang tata letak ruangan supaya cocok dengan keperluan dan selera dari pelanggan.

Desain interior juga memiliki elemen-elemen atau lemen seperti ruang, bentuk, warna dan tekstur yang harus dipadupadankan dengan baik sehingga nyaman untuk ditinggali dan berfungsi sebagaimana mestinya. Lazimnya seorang desain interior bisa memberi rekomendasi sebuah rancangan ruangan yang cantik dengan berbagai jenis dekorasi yang menakjubkan.

Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) yakni sebuah cabang ilmu dari desain itu sendiri yang bergerak di bidang komunikasi, kreativitas, teknik dan media yang memanfaatkan elemen-elemen visual maupun rupa untuk memperkenalkan suatu pesan tertentu.

Adapun pekerjaan dari desainer di bidang ini seperti membikin logo, desain majalah atau surat informasi, desain kemasan, desain periklanana atau promosi dan berbagai jenis hal lainnya yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu pesan kepada khalayak lazim atau audiens tertentu.

Desain Arsitektur

Desain Arsitektur atau bangunan agak mirip dengan desain interior, tetapi perbedaan yang mencolok yakni ruang lingkup dan ornament yang dilaksanakan.

Jika Desain interior cuma berkecimpung dalam dekorasi ruangan dan semacamnya. Desain arsitektur bekerja untuk sebuah bangunan secara kesuluruhan.

Baik itu bentuk, fungsi, warna, bahan bangunan dan sebagainya yang bisa menyokong pekerjaannya dalam membikin sebuah bangunan dengan fungsi yang maksimal tetapi tetap memiliki nilai keindahan yang mengesankan.

Dari masing-masing cabang dari ilmu desain itu sendiri, desainer yang bekerja juga memiliki keahlian dan kemampuan yang jauh berbeda. Sehingga tak mungkin untuk seorang desainer baju juga melakukan pekerjaan dari seorang desainer arsitektur atau sebaliknya.

Adapun pekerjaan yang bisa dilaksanakan oleh seorang Desainer dari Ilmu komunikasi visual jauh lebih bervariasi seperti Illustrator, Fotografer, Desain grafis, Animator, Web desainer, Biro iklan, Biro konsultan desain dan masih banyak lagi.

Terbukti seorang Desainer juga memiliki keahlian yang banyak dan sesuai fungsinya sendiri serta tak bisa disamakan antara satu cabang ilmu dengan cabang ilmu lainnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*